Humas IAIN Parepare--Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare, melalui program Pascasarjana, menyelenggarakan seminar bertajuk "Menggali Metode Pembelajaran yang Relevan untuk Membangun Karakter Islami pada Generasi Digital". Kegiatan ini bertujuan untuk merumuskan strategi pendidikan yang efektif dalam membentuk karakter Islami di kalangan generasi muda yang hidup di era digital.
Seminar ini dihadiri oleh Saepuddin (Wakil Rektor 1), kedua Narasumber ternama dari kapus yang berbeda, akademisi, praktisi pendidikan, dan mahasiswa yang antusias membahas tantangan dan peluang dalam pendidikan karakter Islami di tengah pesatnya perkembangan teknologi informasi.
Direktur pascasarjana dalam sambutanya menyampaikan Tema yang diangkat hari ini tidak hanya menarik, tetapi juga mendesak untuk kita diskusikan bersama. Di tengah arus perkembangan teknologi digital yang begitu pesat, kita menghadapi tantangan besar dalam memastikan bahwa nilai-nilai Islami tetap tertanam kuat dalam karakter generasi kita. Generasi digital adalah masa depan bangsa, dan menjadi tugas kita bersama untuk menjadikan mereka insan yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga kokoh secara moral dan spiritual.
Seminar ini adalah wadah yang tepat untuk menyatukan gagasan, berbagi pengalaman, dan mencari solusi bersama. Kita membutuhkan metode pembelajaran yang adaptif terhadap kemajuan teknologi, tetapi tetap berlandaskan nilai-nilai Islam yang universal. Melalui pendekatan yang kreatif, inovatif, dan relevan, saya yakin kita dapat menemukan formula terbaik untuk menjawab tantangan ini.
Saepuddin selaku Wakil 1 Rektor IAIN Parepare, dalam sambutannya, menekankan pentingnya adaptasi metode pembelajaran yang mampu menjawab kebutuhan generasi digital tanpa mengesampingkan nilai-nilai Islami.
Salah satu topik yang dibahas adalah integrasi teknologi dalam pengembangan modul pembelajaran adab Islami. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi dalam modul pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar siswa dan efektivitas pengajaran nilai-nilai Islami
Modul interaktif yang memanfaatkan media digital dianggap mampu menyampaikan materi dengan cara yang lebih menarik dan sesuai dengan karakteristik generasi saat ini.
Selain itu, dibahas pula pentingnya literasi digital sebagai inovasi dalam pendidikan Islam. Literasi digital tidak hanya mencakup kemampuan teknis dalam menggunakan perangkat digital, tetapi juga pemahaman kritis terhadap konten yang diakses, sehingga generasi muda dapat memilah informasi yang sesuai dengan nilai-nilai Islami
Para peserta seminar juga menyoroti peran guru dalam mendidik akhlak peserta didik di era digital. Guru dituntut untuk menguasai teknologi dan memanfaatkannya dalam proses pembelajaran, sekaligus menjadi teladan dalam penerapan nilai-nilai Islami . Metode pembelajaran yang interaktif dan kontekstual diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Islam oleh siswa.
Dalam sesi diskusi, beberapa peserta berbagi pengalaman tentang penggunaan aplikasi digital dalam pembelajaran agama Islam. Misalnya, penggunaan media untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam di sekolah dasarAplikasi ini membantu menyajikan materi dengan visual yang menarik, sehingga siswa lebih termotivasi untuk belajar.
Seminar ini menghasilkan beberapa rekomendasi, antara lain pengembangan kurikulum yang mengintegrasikan teknologi dengan pendidikan karakter Islami, pelatihan bagi guru dalam penggunaan media digital, dan peningkatan literasi digital di kalangan siswa. Diharapkan, upaya-upaya ini dapat membekali generasi digital dengan karakter Islami yang kuat, sehingga mampu menghadapi tantangan zaman tanpa kehilangan jati diri sebagai Muslim.
Melalui seminar ini Pascasarjana IAIN Parepare berkomitmen untuk terus mengkaji dan mengembangkan metode pembelajaran yang relevan dengan perkembangan teknologi, namun tetap berakar pada nilai-nilai Islam. Seminar ini merupakan salah satu langkah konkret dalam mewujudkan komitmen tersebut, dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi dunia pendidikan Islam di Indonesia.